sealant gedung

Jenis Sealant dan Fungsinya

Jenis Sealant adalah sebagai salah satu zat yang digunakan untuk mencegah masuknya cairan melalui permukaan atau sambungan pada material tertentu. Sebagai segel mekanis, umumnya sealant digunakan untuk keperluan konstruksi bangunan dan industri.

Kini berbagai macam sealant dapat dengan mudah Anda temui di pasaran. Namun, Anda harus mengetahui bahwa terdapat dua jenis sealant yaitu organik dan anorganik. Keduanya memiliki kandungan bahan yang berbeda. Sealant organik terdiri dari bahan karbon aktif, sementara sealant anorganik terdiri dari bahan non karbon. Penting bagi Anda untuk memahami jenis dan fungsi dari masing-masing sealant. Yuk simak penjelasan berikut ini!

 

Fungsi Utama Sealant :

  • Sebagai Pengisi celah antara 2 atau lebih material
  • Membentuk lapisan pelindung / pembatas
  • Mempertahankan usia dan kondisi kualitas property

Kegunaan Sealant berdasarkan Pengaplikasiannya :

  1. GENERAL PURPOSE SEALANT
    adalah sealant untuk pemakaian umum, bersifat asam (acid), cocok untuk diaplikasikan ke substrat kaca, alumunium, keramik, bahan plastik, fiberglass dan ke permukaan yang tidak berminyak atau bercat. Sealant jenis ini tidak akan bertahan lama jika diaplikasikan ke substrat yang mengandung semen.
  2. NEUTRAL RTV SILICONE SEALANT (NON – ACETIC)
    silikon sealant yang akan bereaksi dengan uap air di udara untuk menghasilkan karet silikon yang kuat, tahan cuaca dan tahan lama. Biasanya diaplikasikan ke bahan kaca yang bersih, besi, plastik, permukaan substrat yang dicat, alumunium, besi galvanis, batu alam, dan beton. Biasanya juga digunakan untuk mengisi celah kusen jendela dan pintu.
  3. ACRYLIC LATEX SEALANT
    adalah sealent dari bahan akrilik polimer yang digunakan untuk mengisi celah atau sambungan aneka macam bahan bangunan, seperti tali air kusen pintu dan jendela. Sealant ini setelah kering dapat dicat dengan menggunakan cat tembok. Cocok untuk digunakan eksterior maupun interior.
  4. AWNING & ROOFING SEALANT
    dibuat khusus untuk mengisi bagian sambungan bahan awning dan atap. Sifatnya fleksibel, 100 % tahan air, daya rekat sangat baik ke aneka bahan bangunan, tahan cuaca.

 

Jenis Sealant  menurut bahan dasar materialnya :

Sealant memiliki jenis yang beragam tergantung pada material atau bahan dasar yang membentuknya. Berbeda jenis, setiap sealant juga memiliki sifat dan fungsi yang berbeda. Berikut ini tiga jenis sealant yang siap memenuhi kebutuhan konstruksi bangunan Anda:

  • Silicone

    sealant silikon
    sealant silicon

Silicone sealant termasuk dalam golongan anorganik, terbuat dari bahan dasar silicone polymer yang memiliki bahan seperti karet. Silikon sealant berfungsi untuk melekatkan dua permukaan dan mengisi celah atau ruang di antara keduanya sehingga tidak bocor. Sealant silikon sendiri memiliki varian netral & Asam.

Secara keseluruhan silicone sealant memiliki ketahanan terhadap sinar UV dan perubahan cuaca yang ekstrim. Umumnya silicone sealant diaplikasikan pada kusen pintu, roofing, konstruksi kaca, jendela, partisi kamar mandi, akuarium dan keperluan lainnya. Fleksibilitas silicone sealant sangat diperlukan pada konstruksi bangunan yang selalu mengalami pemuaian.

  • Acrilic

Berbeda dengan silicone sealant yang elastis seperti karet, acrylic sealant terbuat dari asam akrilat yang tidak elastis.
Sealant ini sangat serbaguna, cocok untuk mengisi, menyegel dan menambal celah atau sambungan yang mengalami pergeseran dan pergerakan kecil. Jenis sealant ini memiliki kelebihan sebagai berikut:

  • Adhesive

Produk adhesive sedikit berbeda dengan silicone sealant. Apabila silicone sealant cenderung berfungsi mengisi ruang atau celah yang di antara dua permukaan, adhesive berfungsi menyambungkan dua material sejenis atau berbeda jenis.
Umumnya diaplikasikan pada sektor industrial atau perumahan, pipa saluran irigasi, drainase, dan berbagai keperluan pipa lainnya.

  • Hybrid

Sealant hybrid atau hibrida merupakan salah satu sealant ramah lingkungan yang dihasilkan dari kombinasi sifat-sifat terbaik silicone sealant dan urethane sealant. Sealant hybrid memiliki daya tahan yang tinggi dan mampu melekat dengan kuat ke seluruh jenis permukaan, bahkan kaca. Sealtuff merupakan salah satu produk sealant hybrid yang banyak digunakan masyarakat.

merk sealant
Merk Material sealant

Area Kerja :

  • Kaca
  • Panel Precast
  • Panel Aluminium / ACP
  • Expansion, construction, atau construction joint pada struktur slab dan plat beton jalan (rigid pavement) serta landasan pesawat
  • Dan Area Lainnya.

Jasa Pemasangan Sealant Terbaik

Aplikator yang berpengalaman, akan memberikan hasil kerja yang optimal, memuaskan, dan minim kegagalan. Karena kualitas penyedia Jasa Pasang sealant terbaik dapat dilihat dari berapa banyak perusahaan yang telah memakai jasa aplikator tersebut.

Monomer Group adalah pilihan yang tepat sebagai Jasa Aplikator Terpercaya. Karena selain anda akan mendapatkan harga yang terjangkau, tentunya dapatkan juga material dengan kualitas terbaik.

Kami telah bergelut selama bertahun – tahun dalam bidang Perbaikan juga Pemasangan Sealant dan sudah mengerjakan banyak project di Indonesia. Kami merupakan tenaga ahli yang berpengalaman, disiplin, profesional, juga berani bertanggung jawab atas pekerjaan kami.

Untuk berkonsultasi lebih lengkap mengenai Pemasangan maupun Perbaikan Sealant, Silahkan Hubungi Kami. Team ahli kami siap mebantu anda dan akan memberikan penawaran yang terbaik.

 

 

 

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim Pesan
Hello, Ada yang bisa kami bantu ?