perkuatan struktur beton

Perkuatan Struktur Beton dengan Metode Paling Tepat

Perkuatan Struktur Beton pada beton bertulang, bertujuan untuk mengatasi kerusakan yang terjadi pada beton bertulang baik dengan struktur besi maupun baja. Maka dari itu, harus di mulai dengan tahap pemilihan bahan perkuatan yang baik dan tepat. Pemilihan material ini merupakan persyaratan wajib untuk perbaikan yang tahan lama. Salah satu solusi untuk perkuatan ini ialah dengan material yang bersifat cementitious yang jadi pilihan terbaik untuk perkuatan beton yang rusak.

Pada kondisi tertentu, juga disyaratkan bahwa perkuatan harus mencakup pula ketahanan terhadap serangan bahan kimia hingga terkadang material lain dipilih dengan pertimbangan tersebut. Jadi, material perbaikan bersifat fleksibel sesuai kebutuhan dan sesuai dengan kerusakan yang terjadi.

Syarat – syarat pemilihan material perbaikan beton :

  • perkuatan beton bertulang
    Analisa struktur beton

    Memiliki stabilitas dimensional
    Salah satu syarat utama untuk memilih materi perkuatan pada beton ialah adanya lekatan yang sempurna dan maksimal antara material yang baru dan beton yang rusak.
    Sering kali yang terjadi ialah adanya kerusakan pada kelekatan akibat perubahan dimensional yang di akibatkan oleh penyusutan. Sehingga material yang di pakai untuk perbaikan haruslah bebas susut ataupun jika mengalami penyusutan tidak akan merusak lekatan pada beton yang lama.

  • Koefisien ekspansi thermal
    Perlu di ketahui bahwa semua material dalam konstruksi akan mengalami ekspansi dan kontraksi saat terjadi perubahan temperatur udara di lingkungan. Perubahan yang terjadi tergantung pada koefisien ekspansi thermal material tertentu. Misalnya, untuk beton, koefisien ekspansi thermal adalah 0,000006 hingga 0,000012 cm per derajat celcius.
    Maka dari itu, pemilihan material untuk perkuatan beton bertulang harus dipilih dengan tepat. Jika komposisi dari dua material dengan koefisien thermal jauh berbeda dan mengalami perubahan temperatur maka akan mengakibatkan kerusakan pada beton bertulang berupa garis lekatan.
  • Modulus elastisitas
    Istilah di atas untuk menggambarkan ukuran kekakuan pada sebuah material. Suatu bahan atau material dengan modulus elastisitas yang tinggi tidak akan mengalami deformasi sebanyak material dengan modulus elastisitas rendah, terutama ketika menerima beban.

Jenis – Jenis Material Perkuatan Beton

Sesuai dengan syarat tersebut, maka ada beberapa jenis material yang bisa diaplikasikan untuk perkuatan beton bertulang, yakni:

Cementius Material

Material yang satu ini dalam di gunakan untuk perbaikan beton dengan bantuan admixture yang bisa menghasilkan sifat kohesif, capaian kekuatan cepat, dan daya tahan terhadap susut. jenis ini adalah:

  • Beton, grout, mortar yang di aplikasikan untuk mengganti total penampang.
  • Mortar dan beton dengan modifikasi tertentu, yakni penambahan latex untuk melapisi kembali permukaan lantai bangunan atau jembatan saat ada kerusakan.
  • Grout, mortar, dan beton yang telah melalui penambahan polimer.
  • Dry pack, yakni mortar berbahan dasar semen portland yang tidak akan mengalami
  • Shotcrete/ sprayed concrete/ sprayed mortar, di buat dari bahan-bahan sama seperti pembentuk beton (semen, air, agregat).

Material berbahan dasar Resin

Pembuatan material ini atas dasar epoxy resin, yakni resin untuk injeksi. Ada yang terdiri dari pasir halus, ada pula yang di campur dengan agregat kasar berukuran kecil.

Eglass

Material yang berbahan dasar dari modifikasi serat kaca sehingga menghasilkan kekuatan tarik sangat tinggi. Bentuknya berupa lembaran kamin dan memiliki berbagai variasi ukuran.

Carbon Plate

Material yang berbentuk composite dan memiliki kemiripan bahan dengan carbon wrap. Bentuk fisiknya berpa plat lebar yakni ukuran 5cm, 10cm, dan 15cm. Penggunaannya berfungsi untuk menambah kekuatan pada kelenturan serta daya topang beton.

Carbon Wrap / CFRP

Material yang berbahan dasar serat carbon yang memiliki kekuatan tarik lebih tinggi di bandingkan dengan material eglass. Penggunaan material ini dapat menambah kekuatan lentur dan kuat geser dari struktur beton.

perkuatan struktur jembatan
Perkuatan Struktur dengan Carbon wrap/CFRP

Demikian tadi beberapa permasalahan yang sering di temui dalam konstruksi beton bertulang. Meskipun kerusakan kadang terjadi, namun dengan perbaikan yang tepat maka kerusakan lebih parah akan bisa di hindarkan, dan konstruksi bisa tetap kokoh dan berkualitas dalam jangka waktu panjang.

 

Jasa Perkuatan Struktur Beton Terbaik

Kontraktor yang berpengalaman, akan memberikan hasil kerja yang optimal, memuaskan, dan minim kegagalan. Karena kualitas penyedia jasa Perkuatan beton terbaik dapat di lihat dari berapa banyak perusahaan yang telah memakai jasa aplikator tersebut.

Monomer Group adalah pilihan yang tepat sebagai Spesialis Jasa Perkuatan struktur Beton Terpercaya. Karena selain anda akan mendapatkan harga yang terjangkau, tentunya dapatkan juga material dengan kualitas terbaik.

Kami telah bergelut selama bertahun – tahun dalam bidang Perkuatan struktur dan sudah mengerjakan banyak project di Indonesia. Kami merupakan tenaga ahli yang berpengalaman, disiplin, profesional, juga berani bertanggung jawab atas pekerjaan kami.

Untuk berkonsultasi lebih lengkap mengenai Perkuatan Beton. Silahkan Hubungi Kami, Team ahli kami siap mebantu anda dan akan memberikan penawaran yang terbaik.

 

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim Pesan
Hello, Ada yang bisa kami bantu ?