firestop sistem

Firestop Sistem Pencegah Kebakaran

Firestop adalah metode pencegahan sebaran api dan asap yang terjadi dari satu ruang ke ruangan lain pada saat terjadinya kebakaran. Sehingga fire stopping ini berfungsi untuk melokalisir penyebaran api dan melindungi struktur beton dari sifat dehidrasi akibat efek kebakaran.

Pada dinding, lantai dan plate deck dapat menggunakan produk firestop system spray. Sementara itu untuk area bukaan vertikal seperti celah atau shaft kabel, jalur pipa, atau sambungan konstruksi (joint) dapat menggunakan banyak jenis material fire proofing misalnya sealant, foam, mortar, collar dan lainnya, yang di pasang pada salah satu atau kedua sisi bukaan vertikal.

 

Jenis Material Firestop

Terdapat berbagai macam jenis material firestop yang dapat di gunakan untuk menutup celah instalasi pipadan kabel. Di antaranya adalah material coating, mortar, dan foam. Berikut ini kami jelaskan perbedaan dari ketiga jenis material tersebut.

  • Firestop Coating
firestop coating
Firestop Coating

Merupakan jenis fire stop memiliki ketebalan tertentu, lebih rapi sehingga tidak mengurangi nilai estetik dan dapat di lakukan finishing dengan rapi, serta tahan pada situasi dan kondisi lingkungan yang korosif.

  • Firestop Mortar
firestop mortar
Firestop Mortar

Merupakan jenis produk firestop yang terbuat dari mortar atau semen vermiculate. Produk ini dapat di aplikasikan pada bidang horizontal di atas mineral wool seperti opening shaft kabel, shaft pipa dan shaft penetrasi campuran sehingga rambatan api dan penyebaran asap dapat dicegah.

  • Firestop Foam
firestop foam
Firestop Foam

Jenis produk firestop yang bersifat fleksibel dan mudah dipasang untuk membantu menciptakan penghalang api dan asap di sekitarnya. Produk ini dapat di aplikasikan pada penetrasi kabel dan campuran, khususnya pada ruang dan celah yang sempit.

 

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam manajemen firestop :

 

Memahami konsep Kompartemenisasi

bertujuan agara kebakaran yang terjadi dalam satu ruangan terlokalisasi dengan baik dan tidak dapat menyebar ke ruang atau bahkan lantai lainnya.

Pada implementasinya, desain bangunan gedung di buat sedemikain rupa sehingga mampu membatasi perambatan api dan memudahkan evakuasi apabila terjadi kebakaran.

Hal-hal yang perlu di perhatikan dari sistem penanggulangan kebakaran dengan konsep kompartemenisasi ini terdiri dari:

    • Aturan jarak tangga evakuasi
    • Ketahanan dinding/ struktur terhadap api
    • Ketahanan pintu dan jendela terhadap api; dan
    • Ketahanan material penutup atau produk firestop yang dipasang pada celah lubang-lubang penetrasi instalasi bangunan gedung.

 

Mendahulukan Lokasi yang Penting

Bagian ruang gedung yang memiliki risiko kebakaran tinggi harus menjadi prioritas untuk di lakukan penutupan. Seperti pada pada bagian-bagian yang menghubungkan antar lantai atau cerobong antar lantai.

Berikut ini adalah bagian-bagian utama yang harus di tutup atau di lakukan fire stoping;

  • Main control room
  • Panel room
  • Electrical room
  • Database center
  • Ruang Arsip
  • Shaft kabel; dan
  • Jalur Ducting.

 

Perhatikan Jalur & Efisienkan Ukuran Bukaan

Ketika sebuah gedung mengalami kebakaran, maka jalur bukaan merupakan daerah yang paling rawan terhadap penyebaran api, asap, dan panas.

Oleh karenanya, perlu penanggulangan yang serius pada bukaan yang menghubungkan antar ruangan dan lantai. Jangan sampai terdapat celah yang dapat memungkinkan api, asap dan panas merambat dari bukaan-bukaan tersebut.

Jika jalur bukaan terlalu besar, maka pemilik gedung dapat melakukan penutupan dengan mortar sehingga material firestop yang relative mahal dapat lebih hemat.

 

 

Jasa Aplikator Firestop Terbaik

Aplikator yang berpengalaman, akan memberikan hasil kerja yang optimal, memuaskan, dan minim kegagalan. Karena kualitas penyedia Jasa Pasang fire stop terbaik dapat di lihat dari berapa banyak perusahaan yang telah memakai jasa kontraktor tersebut.

Monomer Group adalah pilihan yang tepat sebagai Spesialis Jasa Firestop Gedung Terpercaya. Karena selain anda akan mendapatkan harga yang terjangkau, tentunya dapatkan juga material dengan kualitas terbaik.

Kami telah bergelut selama bertahun – tahun dalam bidang Fire Stopping dan sudah mengerjakan banyak project di Indonesia. Kami merupakan tenaga ahli yang berpengalaman, disiplin, profesional, juga berani bertanggung jawab atas pekerjaan kami.

Untuk berkonsultasi lebih lengkap mengenai Instalasi Fire stop System. Silahkan Hubungi Kami, Team ahli kami siap mebantu anda dan akan memberikan penawaran yang terbaik.

 

 

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim Pesan
Hello, Ada yang bisa kami bantu ?