perkuatan eglass

Perkuatan Eglass untuk Struktur Bangunan

Perkuatan Eglass atau perkuatan struktur beton dengan material fiber eglass biasa di gunakan untuk memperkuatan struktur jembatan. Selain itu bahan fiber eglass kerap kali di gunakan juga sebagai perkuatan pada struktur kolom beton.

Tahap awalnya struktur beton yang keropos di suntikan dengan bahan grouting, setelah itu permukaannya beton di besihkan dan di lapisi epoxy. Kemudian pengaplikasian material bahan fiber e glass yang sudah di siapkan di pasang pada permukaan struktur tadi.

Setiap bangunan tentu saja di harapkan memiliki struktur yang kuat serta memiliki daya tahan yang tinggi. Karena biasanya, sebuah bangunan di ciptakan untuk memfasilitasi kebutuhan utama bagi manusia dalam kesehariannya. Namun, apa jadinya bila struktur dari sebuah bangunan ternyata tidak kokoh dan tidak cukup kuat untuk di gunakan dalam jangka waktu yang panjang.

 

Jenis Material & Metode Perkuatan Struktur Bangunan

Sesuai dengan syarat tersebut, maka ada beberapa jenis material yang bisa di aplikasikan untuk perkuatan beton bertulang, yakni:

Material berbahan dasar Resin (Perkuatan Eglass)

Pembuatan material ini atas dasar epoxy resin, yakni resin untuk injeksi. Ada yang terdiri dari pasir halus, ada pula yang dicampur dengan agregat kasar berukuran kecil.

Eglass

Material yang berbahan dasar dari modifikasi serat kaca sehingga menghasilkan kekuatan tarik sangat tinggi. Bentuknya berupa lembaran kamin dan memiliki berbagai variasi ukuran.

Elastomeric Sealants

Material ini di gunakan untuk memperbaiki retak yang mengalami pergerakan cukup signifikan. Ada dua tipe yang bisa di gunakan, yakni hot-applied dan cold applied.

Silicones

Material ini di gunakan untuk perkuatan apabila ada masalah uap air melalui dinding. Larutan silicone di semprotkan pada didining hingga silicon resin tertinggal dalam pori dinding dan mencegah kerusakan.

Bentonite

Material bubuk dari debu vulkanik ini dapat mengabsorbsi air dengan jumlah banyak sehingga efektif di gunakan sebagai penghalang air.

Bituminous Coating

Material berbahan dasar berupa aspal yang di aplikasikan untuk perlindungan terhadap pelapukan pada beton atau waterproofing.

Carbon Plate

Material yang berbentuk composite dan memiliki kemiripan bahan dengan carbon wrap. Bentuk fisiknya berpa plat lebar yakni ukuran 5cm, 10cm, dan 15cm. Penggunaannya berfungsi untuk menambah kekuatan pada kelenturan serta daya topang beton.

Carbon Wrap / CFRP

Material yang berbahan dasar serat carbon yang memiliki kekuatan tarik lebih tinggi di bandingkan dengan material eglass. Penggunaan material ni dapat menambah kekuatan lentur dan kuat geser dari struktur beton.

Material yang Bersifat Cementius

Material yang satu ini dalam di gunakan untuk perbaikan beton dengan bantuan admixture yang bisa menghasilkan sifat kohesif, capaian kekuatan cepat, dan daya tahan terhadap susut.

Jenis – jenis yang tergolong adalah:

  • Beton, grout, mortar yang di aplikasikan untuk mengganti total penampang.
  • Mortar dan beton dengan modifikasi tertentu, yakni penambahan latex untuk melapisi kembali permukaan lantai bangunan atau jembatan saat ada kerusakan.
  • Grout, mortar, dan beton yang telah melalui penambahan polimer.
  • Dry pack, yakni mortar berbahan dasar semen portland yang tidak akan mengalami
  • Shotcrete/ sprayed concrete/ sprayed mortar, dibuat dari bahan-bahan sama seperti pembentuk beton (semen, air, agregat).

 

Perkuatan Struktur Beton berdasarkan Fungsinya

Penambahan Kuat Lentur Balok

Semakin lentur sebuah balok, maka ia akan semakin kuat untuk menahan beban di atasnya. Agar kekuatan lentur yang dimiliki oleh sebuah balok menjadi semakin kuat, maka perkuatan struktur bangunan dapat menjadi solusinya. Penambahan kuat lentur pada balok ini dapat di terapkan menggunakan e-glass, carbon wrap, ataupun carbon plate.

Penambahan Kuat Geser Balok

Pada dasarnya, balok tidak cukup kuat untuk menahan pergeseran akibat adanya perencanaan beban di atas balok. Hal semacam ini terjadi pada proses pembangunan jalan tol layang. Tentu saja, hal tersebut jadi dapat diatasi dengan adanya upaya penambahan struktur pada balok. Baik menggunakan karbon ataupun kaca. Sehingga sebuah balok akan menjadi lebih kuat untuk menahan pergeseran.

Penambahan Kuat Lentur Plate

Sama seperti kekuatan lentur pada balok, kuat lentur pada plate juga di butuhkan untuk dapat menopang beban di atasnya. Apalagi, plate merupakan permukaan yang datar dan seringkali menjadi pijakan atau lantai dari sebuah bangunan. Sehingga plate yang lentur dan kuat harus di miliki oleh setiap bangunan. Lagi-lagi, e-glass, carbon wrap, dan carbon plate menjadi pilihan material untuk menerapkan perkuatan struktur ini.

Penambahan Daktilitas Tiang Kolom

Daktilitas (atau mudahnya di pahami sebagai sistem pertahanan bangunan terhadap guncangan seperti gempa bumi) sangat wajib di miliki oleh setiap bangunan. Terutama bangunan tinggi seperti gedung. Semakin bersifat daktail sebuah bangunan maka ia semakin kuat menahan goncangan. Dengan di tambahkannya e-glass ataupun carbon wrap pada beton, maka sifat daktilitas dari beton tersebut akan bertambah. Sehingga kekakuan bangunan akan semakin kuat.

Penambahan kuat, geser, dan lentur dari Shear Wall dan Retaining Wall

Upaya untuk menambah kekuatan, daya tahan terhadap geser, dan kelenturan dari bangunan di terapkan juga pada tembok-tembok beton seperti Shear Wall dan Retaining Wall ini. Penerapan yang di lakukan pada Shear Wall nampaknya akan mirip dengan peningkatan sifat daktilitas. Karena ia merupakan penyangga bagi sebuah bangunan tinggi, maka di butuhkan ketahanan terhadap goncangan dan juga angin. Sementara pada Retaining Wall, beton akan di buat untuk lentur, kuat, dan dapat menahan geser akibat beban seperti tanah dan air. Sehingga penggunaan e-glass, carbon wrap, ataupun carbon plate akan menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan kedua jenis tembok ini.

 

Nah itu dia jenis-jenis dari perkuatan struktur bangunan. Berbeda tempatnya, berbeda juga jenis penerapannya. Selain itu, perbedaan pilihan material yang di pakai pada setiap tempat juga bervariasi. Meskipun begitu, pastikan Anda memilih material yang memiliki kualitas terjamin. Karena tentu saja pemilihan material akan memberikan pengaruh pada hasil dari perkuatan struktur pada bangunan Anda.

Demikian tadi beberapa permasalahan yang sering di temui dalam konstruksi beton bertulang.. Meskipun kerusakan kadang terjadi, namun dengan perbaikan yang tepat maka kerusakan lebih parah akan bisa di hindarkan, dan konstruksi bisa tetap kokoh dan berkualitas dalam jangka waktu panjang.

 

 

Jasa Perkuatan Eglass Terbaik

Monomer Group memiliki tim professional yang lebih dari 10 tahun di bidang Perkuatan Struktur Bangunan berikut yang akan kami lakukan :

  • Inspeksi

Setelah kami menerima pertanyaan Anda, Kami akan mengatur tim untuk mengunjungi situs Anda untuk pemeriksaan. Tim kami akan memberikan saran berdasarkan situasi yang di hadapi

  • Identifikasi penyebab

Setelah sesi diagnosis, kami akan mengusulkan solusi kepada anda.

  • Pelaksanaan

Melakukan Pelaksanaan perkuatan struktur sesuai dengan metode yang sesuai dan paling tepat. Di lakukan oleh team yg profesional dan material berkualitas terbaik

  • Memantau

Setelah proses pengerjaan selesai, pemilik harus memantau perbaikan dari waktu ke waktu. Jika ada kebutuhan, tim kami akan mengunjungi kembali lokasi untuk inpeksi

Sebagai penyedia Jasa Perkuatan Beton yang terpercaya, kami melayani Jasa perkuatan eglass untuk berbagai area bangunan.

Pertanyaan dan konsultasi lengkap terkait produk dan jasa perkuatan eglass dan perkuatan struktur beton lainnya silahkan Hubungi Hotline Service kami silahkan klik disini, atau bisa juga email ke monomergroupmarketing@gmail.com

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim Pesan
Hello, Ada yang bisa kami bantu ?