proteksi katodik

Proteksi Katodik / Chatodic Protection

Proteksi Katodik / Chatodic Protection adalah teknik yang di gunakan untuk mengendalikan korosi pada permukaan logam dengan menjadikan permukaan logam tersebut sebagai katode dari sel volta. Proteksi katodik ini merupakan metode yang umum di gunakan untuk melindungi struktur logam dari korosi. Sistem proteksi katodik ini biasanya di gunakan untuk melindungi baja, jalur pipa, tangki, tiang pancang, kapal, anjungan lepas pantai dan selubung sumur minyak di darat. Efek samping dari penggunaan yang tidak tepat adalah timbulnya molekul hidrogen yang dapat terserap ke dalam logam sehingga menyebabkan kegetasan hidrogen. Proteksi katodik adalah cara yang effektif dalam mencegah keretakan karena korosi (sumber : Wikipedia)

Sejarah

Proteksi katodik pertama kali di terapkan pada tahun 1852, ketika Sir Humphry Davy, salah seorang perwira angkatan laut Inggris, melekatkan sebongkah besi pada bagian luar badan kapal berlapis tembaga yang terendam air. Besi cenderung lebih mudah mengalami korosi yang menimbulkan karat di bandingkan dengan tembaga sehingga ketika di lekatkan pada badan kapal, laju korosi pada tembaga akan menjadi turun.

 

Untuk memahami cathodic protection, sebaiknya kita harus tahu terlebih dahulu bagaimana terjadinya korosi. Ada tiga hal utama yang menjadi penyebab korosi:

  1. Dua buah logam yang memiliki beda potensial electric
  2. Cairan elektrolit (air dengan semua jenis garam atau garam yang terlarut di dalamnya)
  3. Dua unit logam yang kontak secara elektrik karena memungkinkan terjadinya aliran arus listrik.

Pada dasarnya, korosi tidak dapat di hilangkan. Akan tetapi dengan kemajuan teknologi, proses korosi bisa di-control hingga titik optimum. Salah satu metode untuk mengendalikan korosi tersebut adalah cathodic protection.

(Baca juga : “Harga Protective Coating“)

Metode Proteksi Katodik

Banyak metode digunakan untuk mengurangi laju korosi, di antaranya yang paling mudah aplikasinya adalah coating (pelapisan), proteksi katodik, penambahan inhibitor dan sebagainya. Korosi merupakan hal umum yang terjadi dalam kehidupan sehari – hari, namun dampak negatifnya meresahkan kegiatan manusia terutama jika sangat berkaitan dengan logam.

Proteksi katodik merupakan salah satu metode perlindungan logam terhadap korosi, di antaranya pada jaringan pipa baik di dalam tanah maupun di bawah laut, tangki, tiang pancang, dan sebagainya. Chatodic protection mampu melindungi logam hingga beberapa waktu lamanya sehingga banyak di gunakan untuk perlindungan yang kondisi tempatnya rentan terhadap korosi.

 

Aplikator Chatodic

Monomer Group adalah pilihan yang tepat sebagai Jasa proteksi anti karat Terpercaya. Karena selain anda akan mendapatkan harga yang terjangkau, tentunya dapatkan juga material dengan kualitas terbaik.

Kami telah bergelut selama bertahun – tahun dalam bidang chatodic protection dan sudah mengerjakan banyak project di Indonesia. Kami merupakan tenaga ahli yang berpengalaman, disiplin, profesional, juga berani bertanggung jawab atas pekerjaan kami.

Untuk berkonsultasi lebih lengkap mengenai jasa proteksi katodik, Silahkan Hubungi Kami. Team ahli kami siap mebantu anda dan akan memberikan penawaran yang terbaik.

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim Pesan
Hello, Ada yang bisa kami bantu ?