perkuatan beton rumah tinggal

Perkuatan Beton pada Struktur Rumah Tinggal

Perkuatan Beton pada struktur rumah tinggal bertujuan untuk mengatasi kerusakan yang terjadi pada beton bertulang baik dengan structur besi maupun baja. Pengerjaannya harus dimulai dengan tahap pemilihan bahan perkuatan yang baik dan tepat. Pemilihan material ini merupakan persyaratan wajib untuk perbaikan yang tahan lama. Salah satu material yang umum digunakan  yaitu material carbon fiber (CFRP).

Metode perbaikan ini telah kami kerjakan pada proyek perkuatan struktur rumah tinggal. Selain pekerjaan perkuatan, dalam proyek ini juga kami mengerjakan injeksi epoxy resin untuk memperbaiki struktur beton yang mengalami keretakan akibat menurunnya kualitas beton dan factor lainnya.

Dalam Proyek ini perkuatan juga harus mencakup pula ketahanan bangunan bertingkat agar menjadi lebih kokoh. Jadi, kami juga mengerjakan penambahan kolom baru agar menambah tumpuan bagi struktur rumah bertingkat ini.

Syarat – syarat pemilihan material perbaikan dan perkuatan beton :

 

  • Memiliki stabilitas dimensional
    Salah satu syarat utama untuk memilih materi perkuatan pada beton ialah adanya lekatan yang sempurna dan maksimal antara material yang baru dan beton yang rusak.
    Sering kali yang terjadi ialah adanya kerusakan pada kelekatan akibat perubahan dimensional yang diakibatkan oleh penyusutan. Sehingga material yang dipakai untuk perbaikan haruslah bebas susut ataupun jika mengalami penyusutan tidak akan merusak lekatan pada beton yang lama.
  • Koefisien ekspansi thermal
    Perlu diketahui bahwa semua material dalam konstruksi akan mengalami ekspansi dan kontraksi saat terjadi perubahan temperatur udara di lingkungan. Perubahan yang terjadi tergantung pada koefisien ekspansi thermal material tertentu. Misalnya, untuk beton, koefisien ekspansi thermal adalah 0,000006 hingga 0,000012 cm per derajat celcius.
    Jika komposisi dari dua material dengan koefisien thermal jauh berbeda dan mengalami perubahan temperatur maka akan mengakibatkan kerusakan pada beton bertulang berupa garis lekatan.
  • Modulus elastisitas
    Istilah di atas untuk menggambarkan ukuran kekakuan pada sebuah material. Suatu bahan atau material dengan modulus elastisitas yang tinggi tidak akan mengalami deformasi sebanyak material dengan modulus elastisitas rendah, terutama ketika menerima beban.

Jenis material yang memenuhi syarat :

Material berbahan dasar Resin

Pembuatan material ini atas dasar epoxy resin, yakni resin untuk injeksi. Ada yang terdiri dari pasir halus, ada pula yang dicampur dengan agregat kasar berukuran kecil.

Carbon Wrap / CFRP

Material yang berbahan dasar serat carbon yang memiliki kekuatan tarik lebih tinggi dibandingkan dengan material eglass. Penggunaan material ni dapat menambah kekuatan lentur dan kuat geser dari struktur beton.

Berikut Dokumentasi pekerjaan pada proyek rumah tinggal yang telah kami kerjakan :

Jasa Perkuatan Beton Terbaik

Monomer Group adalah pilihan yang tepat sebagai Spesialis Jasa Perkuatan struktur Beton Terpercaya. Karena selain anda akan mendapatkan harga yang terjangkau, tentunya dapatkan juga material dengan kualitas terbaik.

Kami telah bergelut selama bertahun – tahun dalam bidang Perkuatan struktur dan sudah mengerjakan banyak project di Indonesia. Kami merupakan tenaga ahli yang berpengalaman, disiplin, profesional, juga berani bertanggung jawab atas pekerjaan kami.

Untuk berkonsultasi lebih lengkap mengenai Perkuatan Beton. Silahkan Hubungi Kami, Team ahli kami siap mebantu anda dan akan memberikan penawaran yang terbaik.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim Pesan
Hello, Ada yang bisa kami bantu ?