grouting

Grouting System untuk Perbaikan Beton

Grouting adalah pekerjaan masukan bahan yang masih dalam keadaan cair untuk perbaikan tanah, dengan cara tekanan, sehingga bahan tersebut akan mengisi semua retak-retak dan lubang-lubang, kemudian setelah beberapa saat bahan tersebut akan mengeras, dan menjadi satu kesatuan dengan tanah yang ada.

Teknik ini di lakukan dengan cara menginjeksikan bahan grout (semen) ke dalam lubang hasil mesin bor atau retakan suatu konstruksi/tanah/batuan yang tidak stabil. Dengan begitu pori-pori konstruksi/tanah/batuan akan terisi dengan material grout. Pengisian pori-pori tanah dengan bahan ini akan membatasi daya serap air dalam tanah (permeabilitas) dan memperbaiki faktor-faktor kompresibilitas dan kekuatan tanah.

 

Tujuan Grouting :

  1. Memperkuat formasi dari lapisan tanah dan sekaligus menjadikan lapisan tanah tersebut menjadi padat, sehingga mampu untuk mendukung beban bangunan yang di rencanakan. Seperti sudah di jelaskan di atas tanah selalu mempunyai lubang-lubang, retak-retak, celah-celah. Rongga ini harus diisi dengan bahan pengisi yang kuat, sehingga lapisan tanah di bawah rencana bangunan akan menjadi bagian dari pondasi yang kuat.
  2. Menahan aliran air, misalnya pada bangunan dam, agar air tidak mengalir melalui bawah bangunan dam. Air yang mengalir di bawah bangunan dam secara bertahun-tahun akan membawa partikel tanah, yang akan mengakibatkan terjadinya rongga-rongga di bawah bangunan, dan hal ini dapat membahayakan kestabilan dam tersebut. Grouting pada dam ini biasa disebut Tirai sementasi guna tirai sementasi ini untuk menghambat laju air, sehingga aliran air semakin panjang, karena aliran semakin panjang maka air akan mengalami kehilangan energi.
  3. Untuk menahan aliran air tanah agar tidak masuk ke dalam suatu kegiatan bangunan yang sedang berjalan. Bangunan di bawah permukaan tanah apabila lokasi nya di bawah permukaan air tanah, akan selalu terganggu oleh adanya air tanah yang masuk dari dinding galian. Namun biasanya masih dapat di atasi dengan pompa.

 

Jenis – Jenis Grouting :

  1. Permeation Grout atau Sementasi Penembusan
    Di sebut juga penetration grouting merupakan pengisian retakan, rekahan atau kerusakan pada batuan, dan rongga pada sistem pori-pori tanah dengan tanpa merubah formasi serta konfigurasi maupun volume rongga. Grouting jenis ini dapat meningkatkan kohesi tanah.
  2. Compaction Grout atau Sementasi Pemadatan
    Merupakan mekanisme perbaikan tanah yang di lakukan dengan cara menginjeksi material grouting sangat kaku (stiff) pada tekanan tinggi ke dalam tanah. Grouting jenis ini di tujukan untuk meningkatkan daya dukung tanah. Grouting dengan metode pemadatan ini tidak serta merta dapat sepenuhnya mencegah terjadinya rembesan. Akan tetapi, grouting jenis ini mampu meningkatkan beban tanah karena tanah telah mengalami pemadatan.
  3. Fracture Grout atau Sementasi Rekahan
    Di lakukan pada rekahan hidrolik yang terdapat pada tanah dengan fluida suspensi atau material grouting slurry. Grouting ini bertujuan untuk menghasilkan hubungan antar lensa grouting dan memberikan penguatan kembali (reinforcement). Umumnya fracture grouting di gunakan pada tanah dengan permeabilitas rendah, misalnya pada tanah lempung.
  4. Mixing / Jet Grout atau Sementasi Campuran
    Sesuai dengan namanya, grouting jet ini di lakukan dengan memadukan dua perlakukan, yaitu mengikis tanah menggunakan jet bertekanan tinggi dan di lakukan injeksi serentak ke dalam tanah yang terganggu dengan jet monitor. Grouting tipe ini dapat di manfaatkan untuk melakukan penyemenan di sekeliling tiang atau pondasi.
  5. Fill Grout atau Sementasi Isi
    Di lakukan dengan menggunakan peralatan khusus yang di beri campuran concrete atau mortar. Rongga atau retakan yang di hasilkan secara alami maupun buatan akan di lakukan pengisian bahan grouting dan kemudian di lakukan penutupan.
  6. Vacuum Grout atau Sementasi Vakum
    Teknik sementasi dengan cara menyedot material grouting untuk masuk ke dalam bagian yang mengalami kerusakan. Sebelumnya kerusakan tersebut harus di isolasi dari tekanan barometrik terlebih dahulu, sehingga dengan kondisi yang vakum, material grouting akan tersedot dengan aman dan lancar untuk masuk atau tertarik ke dalam kerusakan tersebut.

 

Jenis Material yang umum digunakan :

  • Bahan semen grouting
  • Epoxy Resin Grout atau bahan dasar resin epoksi
  • Polyurethane Grout atau berbahan dasar polyurethane
  • dan lain-lain
material grouting
Merk material Grouting yang umum digunakan

Pemilihan bahan sangat penting dalam pelaksanaan pekerjaan perbaikan beton ini, dan pemilihan bahan dihitung berdasarkan fungsi dan kondisi lapangan kerja dan lokasi.

contoh:

  • Untuk mengisi celah alas alas atau pelat beton pracetak dapat menggunakan bahan semen yang semen dan metode yang dapat di gunakan adalah baik secara langsung di tuangkan atau dengan bantuan pompa untuk buah ara yang sulit di jangkau
  • Untuk mengisi celah retakan pada beton di perlukan bahan yang memiliki viskositas rendah dengan kualitas tinggi yaitu resin epoksi dengan metode injeksi tekanan lambat dan rendah
  • Atau dalam hal perbaikan kebocoran menggunakan bahan poliuretan menggunakan metode High Pressure Injection Grout
  • dan banyak contoh lainnya

Area Kerja :

  • Pilar Dermaga dan Jetty
  • Jembatan
  • Bendungan
  • Tiang Pancang Beton
  • Slipways
  • Runway landasan pesawat
  • Beton bawah air / bawah laut
  • Dan Area lainnya.

 

Jasa Injeksi Grouting Terbaik

Aplikator yang berpengalaman, akan memberikan hasil kerja yang optimal, memuaskan, dan minim kegagalan. Karena kualitas penyedia Jasa Injeksi Beton terbaik dapat di lihat dari berapa banyak perusahaan yang telah memakai jasa aplikator tersebut.

Monomer Group adalah pilihan yang tepat sebagai Jasa Aplikator Terpercaya. Karena selain anda akan mendapatkan harga yang terjangkau, tentunya dapatkan juga material dengan kualitas terbaik.

Kami telah bergelut selama bertahun – tahun dalam bidang Perbaikan Beton dan sudah mengerjakan banyak project di Indonesia. Kami merupakan tenaga ahli yang berpengalaman, disiplin, profesional, juga berani bertanggung jawab atas pekerjaan kami.

Untuk berkonsultasi lebih lengkap mengenai Injeksi grouting beton, Silahkan Hubungi Kami. Team ahli kami siap mebantu anda dan akan memberikan penawaran yang terbaik.

 

 

 

 

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim Pesan
Hello, Ada yang bisa kami bantu ?